How to Update Comodo antivirus

COMODO adalah sebuah program antivirus (CAV / Comodo AntiVirus) dan sekaligus firewall untuk internet (CIS /Comodo Internet Security). Dari uji coba yang dilakukan COMODO ini sangat powerfull jika ‘dikawinkan’ dengan SMADAV versi 8.3. Namun, kekurangan yg sy rasakan dalam mencoba antivirus ini adalah kesulitan untuk melakukan update data virus terbaru. Updatenya langsung dari program dan berjalan lumayan lama bangeet…

Namun, setelah sy bertanya dengan ‘mbak Google’ akhir ketemu cara melakukan update antivirus ini dengan mudah, caranya adalah:

(1) download file bases.cav pada link ini (hanya untuk versi 5 ke atas)

(2) kemudian tutuplah program antivirus COMODO. (klik kanan pada taskbar icon comodo lalu pilih submenu exit)

(3) buka folder C:\Program Files\COMODO\COMODO Internet Security\scanners, kemudian gantilah (rename) file bases.cav menjadi nama yang lain. kemudian copy file bases.cav yang telah didownload di langkah 1 ke dalam folder ini.

(4) lakukan langkah yang sama pada folder C:\Program Files\COMODO\COMODO Internet Security\repair. (karena COMODO menyimpan data virus terletak pada 2 folder ini.

(5) restart komputer anda.

(6) periksalah program COMODO anda pada bagian more, about maka secara otomatis data antivirus anda akan diupdate.

9 thoughts on “How to Update Comodo antivirus”

  1. Pa Ary… kena spam tuh…
    saya cek2… ternyata websitenya masih eksis… btw… blog saya yang baru bambangwarsuta.blogspot.com
    yang lama sudah angus…
    mampir2 ke blogsaya juga pa…

    Regards

    Bambang Warsuta

  2. Pak Ari, terus terang saya agak bingung dengan urutan/tahapan2 diatas, saya pakai Comodo sudah agak lama, biasanya comodo saya Update selalu update otomatis asalkan sistem servicenya dalam keadaan start dan automatic meskipun semua sistem scan semuanya dalam keadaan Disable. Thanks

  3. asrahs, ikuti aja langkah-langkahnya. Yang jelas file base.cav harus didonlot dulu, kemudian baru lakukan update seperti di atas, untuk membuktikan sebelum langkah tsb dilakukan coba cek about comodo seperti gambar di atas dan perhatikan jumlah virus database sebelum dan sesudah update apakah ada perubahan? demikian.

    nb: (nggak masalah servicenya dimatikan atau tidak yang jelas EXIT kan dulu comodonya. caranya klik kanan pada icon kanan bawah taskbar lalu pilih exit, baru lakukan langkah di atas)

  4. tQ bro, saya juga pake Comodo..
    Stress banget update AntiVirus-nya, karena koneksi di rumah lelet..
    Nih, lg coba download di kantor :D (184 MB, di rmh, restart mulu koneksi-nya, mulai dari awal lagi, ampun!!)

    :beer: Thanks a lot :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco

What is 6 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: