Backup Website yang berbasis CMS WordPress

WordPress merupakan aplikasi CMS (Content Management System) yang dikembangkan oleh developer bernama Matt Mullenweg dan Mike Little yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2003. Aplikasi ini berbasis Open Source yang artinya dapat dikembangkan oleh siapa saja. Meskipun demikian, developer-developer terbaik dari seluruh dunia ikut terlibat dalam pengembangan dengan menambahkan berbagai fitur dan plugin yang dibutuhkan oleh pengguna.

Salah satu fitur atau plugin yang dibutuhkan adalah plugin dengan nama all-in-one WP Migration. Plugin ini dapat membantu pengguna untuk membackup seluruh website yang menggunakan CMS WordPress. Backup tersebut meliputi seluruh database, plugin dan berbagai file doc, gambar dan lainnya secara langsung.

Proses installasinya sangat mudah, klik pada bagian plugin, selanjut klik tombol Add New untuk menambahkan plugin baru. Kemudian, pada kotak keyword ketikkan “all-in-one migration”

Kemudian klik tombol Install New untuk menginstall aplikasi ini.

Tunggu beberapa saat sampai tombol install now berupbah menjadi Activate, kemudian klik tombol activate tersebut untuk mengaktifkan plugin ini. Selanjutnya, pada menu sebelah kiri akan ditampilkan menu tambahkan dari plugin seperti gambar berikut ini.

Klik tombol Export untuk mengexport seluruh isi website anda, saya biasanya memilih sub menu File untuk membackup ke dalam laptop. Kemudian jika ada masalah pilih menu Import untuk memasukkan kembali seluruh file hasil backup tersebut.

Aplikasi ini pernah saya coba untuk memindahkan HOSTING dari satu layanan ke layanan lain dan berhasil dengan sempurna.

Cara Import

(1) install dulu WordPress seperti biasa (normal)

(2) install plugin all-in-one wp migration (yg lain tidak perlu diinstall)

(3) kemudian lakukan import

(4) dan wordpress ada sudah berjalan seperti sebelumnya.

Selamat mencoba…..

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

 
What is 5 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments