Cara membuat password proteksi USB Flashdisk dan Harddisk (hdd)

 

Ada 3 (tiga) fungsi utama Sistem Informasi Akuntansi yaitu: (1) Memproses transaksi secara efisien dan efektif (2) Menyajikan Informasi untuk pengambilan keputusan (3) melindungi Data dan Harta Kekayaan organisasi / perusahaan. Ketiga fungsi tersebut dapat dijalankan dengan pemanfaat teknologi informasi beserta berbagai komponennya seperti, hardware, software, brainware, data dan procedure secara maksmal. Namun, dari ketiga fungsi tersebut yang paling utama mengapa orang membutuhkan akuntansi adalah pada fungsi yang ketiga yaitu melindungi Data dan Harta kekayaan organisasi.

Perlindungan terhadap harta kekayaan sekarang dapat dilakukan dengan meng-asuransikan harta kekayaan tersebut. sedangkan, untuk data dapat menggunakan jasa pihak ketiga (outsourcing) dengan syarat memiliki dana yg memadai. Untuk personal? perlindungan terhadap flashdisk, dan harddisk dilakukan oleh pihak ketiga? nehi, nehi, membutuhkan biaya yg besar dan tidak sepadan dengan data yang dimiliki. Kecuali memang data yang ada di flashdisk atau harddisk anda memang merupakan data dalam jumlah besar dan  SANGAT PENTIIIING menyangkut kelangsungan hidup orang banyak / perusahaan. Lantas bagaimana melindungi data tersebut dari pihak-pihak / oknum yang tidak berkepentingan?

Untuk level individual mana yang akan anda pilih kehilangan Data? atau kehilangan mobil?

Ada individu / personal yang memilih lebih baik kehilangan data dari pada mobil (mungkin menyangkut nilai dari data tersebut), namun ada sebagian orang berpendapat lebih baik kehilangan mobil dari pada data. Kehilangan mobil, kita memiliki jaminan asuransi yang All Risk. Sedangkan, kehilangan Data? wew, siapa yang berani menjaminnya. Untuk perusahaan seperti BANK mungkin mereka telah menggunakan pihak ketiga (outsourcing) dalam pemeliharaan dan pengamanan data mereka namun, untuk individual? terkena virus? data diambil orang lain, dibaca, dicopy dan disebarkan orang lain seperti kasusnya Om Ariel Peterpan wow, jangan sampai hal itu terjadi dan menimpa anda dan saya.

Dari hasil Googling dengan topik bagaimana cara melindungi, memproteksi atau mempassword flashdisk dan harddisk, didapatkan satu software yang banyak dipakai oleh para netter dan direkomendasikan karena kemudahan, keandalan dan GRATIIIIS (bisa dipakai tanpa ada limit waktu). Software tersebut adalah Kaka Private Disk.

Kaka Private Disk dapat membuat berbagai tempat penyimpanan virtual di dalam flashdisk atau pun harddisk yang terlindungi dan di-encrypt. Selain itu, masing-masing drive virtual tersebut dapat diberikan password-password yang berbeda sehingga sangat menjamin privacy anda.

Keunggulan lainnya, hasil installasi aplikasi tersebut dapat dijalan secara portable di flashdisk atau pun di harddisk anda. Jika software tersebut terkena virus (aplikasi .exenya sedangkan data dijamin oleh mereka tidak akan kena), anda tinggal menginstall ulang software tersebut dan data anda dapat dibaca kembali.

Informasi resmi dari situsnya dapat dilihat di bawah ini:

KaKa Private Disk 3.10

KaKa Private Disk, an easy-to-use program to protect sensitive data on notebooks, personal computers, removable and flash disk. It is used for creating virtual disks on your computer.

  • Simple and efficient: You will learn how to use it in just seconds because of its’ extremely attractive and user-friendly interface!
  • Countless Private Disks: You could create countless private disk as you wish.
  • Variable Size Disk Drives: No need to specify a disk size, the private disk size will grow and shrink depending on its usage.
  • Hot-Keys: You can use Hot-Keys to easy open/close the disks List. This provides a greater flexibility in using Private Disk.
  • Password Protected: Allows you to set a login password and each private disk manage password for different people to use.
  • Portability: Allows you to install to a removable drive, such as a USB device. Then run it on any computer with out having to install it.
  • No backdoors: Once your data has been protected. There is no way of restoring the data without the proper password.

Solutions for your personal privacy

Private Disk, an easy-to-use software to protect sensitive data on notebooks, personal computers, removable and flash disk. It is used for creating virtual disks on your computer. On this disk you can store confidential information which youd like to keep secret from other users. You only need to save files into this private disk and close them after that, then the program will protect the files automatically.

Unlike similar programs, kaka Private Disk allows you to create variable size drives. It does not require you to allocate a specific size for your protected drive. kaka Private Disk does not contain backdoors or government induced escrow keys that would allow the police, or any other authority to unprotect your confidential information. This means that your data are well-protected, and that the security of your private information has no breaches.

The private disk can be created on portable devices like USB flash disk and removable hard disk. KaKa Private Disk can also be used on Windows Vista/2003/XP/2000/NT/ME/98

udeh, udeh cukup penjelasannya? langsung aja nich, gimana cara penggunaanya?

Karena caranya cukup panjang maka silahkan download ebooknya disini

Web Developer: http://www.kakasoft.com/private-disk/

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

 
What is 15 + 1 ?
Please leave these two fields as-is:
8 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Epunk
Epunk
12 years ago

Gimana cara mengUNLOCK password pada hardisk??
Saya tahu passwordnya,tapi saya gak tahu cara mengUNLOCKnya

Hanif
12 years ago

Salam kenal membaca disini

Register website domain

Thanks for this information on protecting the data in the USB drive..

edmundo elsker
edmundo elsker
8 years ago

paka Aryanto saya mau bertanya sedikit.

saya mau memproteksi hardisk external saya 1TB nah dalam hal ini hardisk saya sudah terisi data banyak sekali di dalamnya.
yang mau saya tanyakan:

1. untuk software KaKa Private Disk 3.10 apakah butuh ruang kapaisitas berapa banyak dalam external hardisk (MB/GB) utk membuat password dalam hardisk external itu sendiri (dalam hal ini mau meng-instaling sofware tersebut)sedangkan hardisk saya sudah terisi sebagian banyak data penting.

2. apakah software KaKa Private Disk 3.10 disaat kita ingin instaling untuk external hardisk itu sendiri harus dalam keadaan kosong semuanya/tidak apa-apa kalau kita menginstal KaKa Private Disk 3.10 kedalam external hardisk itu sendiri tapi(sudah ada data-data penting di dalam hardisk itu)

3. setelah saya memasukan password utk hardisk external saya dengan software KaKa Private Disk 3.10
dan saya ingin membuka hardisk saya di compt kantor/komputer lainya yang tidak menggunakan/tidak ada software KaKa Private Disk 3.10(apakah hardisk itu secara automatic terhubung langsung untuk meminta masukan password disaat kita meng-clik drive external hardisk tersebut)

obrigado.
edmundo_elsker (East Timor-Dili)

aryanto
8 years ago

1. selama saya mencoba bisa menggunakan semua space yg ada di hdd kita tidak ada batasan space penyimpanannya silahkan baca di websitenya. Namun seperti yg saya alami sekarang untuk windows 7 dan 8 versi 3.10 tidak bisa menampilkan drive yg disembunyikan tersebut tapi untuk windows xp lancar jaya…
2. dalam keadaan berisi juga bisa langsung diinstal.
3. tetap bisa selama dikomputer lain tersebut kkp tetap bisa jalan, JANGAN SAMPAI LUPA PASSWORD…

Software kkp memang untuk proteksi yg sangat bagus, namun sekali lagi resiko tetap ditanggung sendiri ya, saya tidak berani jamin, dalam hal ini hanya sharing selama menggunakannya saja.

sebaiknya anda coba di flashdisk dulu saja, demikian.